Wednesday, September 25, 2013

Tips Membaca Simbol Pakaian


Memang benar, mencuci pakaian itu nggak cukup dengan sekedar mengandalkan deterjen mahal aja. Kamu tetap harus memperhatikan label petunjuk cara mencuci pakaianmu yang benar. Untuk itu, agar pakaian tetap awet, produsen selalu menyertakan label cara mencuci dengan benar.

Nah, kalau selama ini kamu selalu mengacuhkan label tersebut. Yuk, mari mulai memperhatikannya. Berikut panduannya,

Temperatur

1. Tanpa tanda - tambahan di bawah tulisan temperatur. Artinya, kamu bebas mencuci dengan cara atau kondisi apapun, di bawah suhu 40 derajat celcius.
2. Ada tanda - di bawah tulisan temperatur. Artinya, butuh perlakukan khusus untuk bahan sintetik pakaian.
3. Ada dua tanda - di bawah tulisan temperatur. Artinya, pakaian ini membutuhkan perlakuan wool-wash. Jadi nggak bisa dicuci di sembarang mesin.

Mencuci dengan tangan

Kalau ada logo mencuci dengan tangan, pakaian ini cuma boleh dicuci dengan tangan, tanpa mesin atau alat penyikat pakaian lainnya. Mencuci dengan mesin cuci akan membuat bahannya mudah rusak, atau bisa jadi rusak dalam sekejap. Perhatikan dengan baik kalau ada logo gambar tangan di label bajumu.

Mengeringkan

Kalau ada gambar lingkaran di dalam sebuah kotak, artinya ini adalah panduan
mengeringkan pakaian. Pakaian harus dikeringkan dengan suhu rendah kalau cuma ada satu titik di dalam gambar. Sedangkan yang ada dua titik, pakaian bisa dikeringkan dengan suhu tinggi. Tapi, kalau yang ada adalah tanda silang pada logo, pakaian ini nggak boleh dikeringkan dengan mesin.

Menyetrika

Gambar setrika dengan satu titik artinya, pakaian harus disetrika dengan suhu rendah. Dua titik, disetrika dengan suhu hangat atau sedang. Dan buat yang tiga titik, maka pakaian bisa licin hanya dengan setrika bersuhu tinggi.

Dry cleaning

Dry clean bermanfaat untuk menghilangkan noda membandel seperti tanah liat, cat, atau bahan kimia yang tumpah dan menempel, dengan menggunakan sedikit air, atau tanpa bantuan air sama sekali. Metode membersihkan ini memang cukup ampuh, tapi sayangnya pakaian seringkali mengkerut atau warnanya pudar.
Nah, pakaian yang boleh dicuci dengan metode dry cleaning adalah pakaian yang memiliki gambar lingkaran. Sedangkan yang nggak boleh di dry cleaning, bergambar lingkaran dan dicoret dengan tanda silang. Logo P/W/F di dalam lingkaran artinya dry cleaning harus dilakukan oleh profesional.

Pemutih

Kadang, untuk menghilangkan noda yang membandel, kita sering menggunakan bantuan pemutih pakaian. Padahal, baju berwarna seharusnya nggak dianjurkan menggunakan pemutih pakaian. Nah, pakaian dengan logo segitiga, adalah pakaian yang diperbolehkan menggunakan pemutih pakaian. Sedangkan logo segitiga dengan tanda silang, artinya nggak boleh dicuci dengan pemutih pakaian.
Biar baju tetap awet, ikuti instruksi pada label pakaian ya, eNationers!
Music Blogs