Tuesday, September 24, 2013

A7 nya iPhone 5S Ternyata Buatan Samsung


Perselisihan antara Samsung dan Apple nyatanya tak memperkeruh hubungan mereka di belakang layar. Tak dinyana, prosesor 64 bit Apple A7 yang dibenamkan pada iPhone 5S ternyata digarap oleh Samsung.

Mementahkan laporan sebelumnya yang menyebut bahwa prosesor 64 bit iPhone 5S dibuat oleh TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company), Chipwork melansir kesuksesannya menebak teka-teki proses pabrikasi Apple A7 yang akhirnya mengarah ke Samsung.
Menurut Chipwork, Apple A7 mengandalkan proses pabrikasi 28 nm yang serupa dengan yang digunakan Samsung pada Exynos 5410 milik Galaxy S4.

Hal ini pun makin diperkuat setelah diketahui Apple A7 menggunakan proses pabrikasi HKMG (High-K-Metal Gate). Proses yang sama dengan yang digunakan untuk membuat Exynos 5410.

Adapun kerjasama Apple dengan TSMC sendiri masih akan berlanjut, namun seperti dikutip detikINET dari Wall Street Journal, Senin (23/9/2013), hal tersebut baru akan efektif dimulai pada tahun 2014 mendatang.

Itu pun masih belum jelas apakah Apple akan serta-merta memindahkan seluruh produksi prosesor 64 bit besutannya pada TSMC atau tetap akan Samsung yang memproduksinya.

Namun mengingat tingkat kesulitan yang tinggi dan juga akan dibutuhkan sejumlah penyesuaian, bisa jadi perpindahan produksi Apple A7 dari Samsung ke TSMC akan dilakukan secara bertahap.

Atau kemungkinan lainnya dari kerjasama Apple dan TSMC sebenarnya bukanlah untuk memproduksi prosesor Apple A7, melainkan chip pendukung lainnya yang digunakan oleh iPhone 5S dan iPhone 5C.

Source
Music Blogs