Monday, September 30, 2013

Menjajal Z30, Phablet Pertama BlackBerry


BlackBerry kini memiliki ponsel unggulan terbaru, yang juga menjadi ponsel jumbo perdananya. Melalui BlackBerry Z30, perusahaan asal Kanada ini masuk dalam tren perangkat phablet, yang merupakan perpaduan dari ponsel dan tablet.

Ketika pertama kali melihatnya, bentuk fisik Z30 mirip dengan Z10, namun kali ini tampil dengan ukuran yang lebih besar. Kesan pertama saat menggenggam Z30, konstruksinya terasa lebih kokoh dibandingkan Z10.


Ada unsur elegan dari aksen berwarna silver di bagian bawah ponsel, serta list yang mengelilingi sisi samping ponsel.

Di sisi atas ponsel terdapat tombol power dan jack audio 3,5mm. Di samping kanan ada tombol voice command yang diapit oleh tombol pengatur volume. Lalu di samping kanan terdapat port untuk mengisi daya baterai.

Panel belakang Z30 memakai materi dan motif yang sama dengan Q10, yaitu serat karbon bertekstur yang membuatnya terasa lembut dan tidak licin. Di bagian tengahnya masih terdapat logo BlackBerry yang berukuran besar, lalu ada kamera utama 8MP yang disertai lampu LED. Sementara itu, kamera depan Z30 dibekali sensor 2MP.

Dengan ukuran layar 5 inci, agak sulit jika menggenggam Z30 dengan satu tangan. Apalagi ketika dipakai mengetik, satu ibu jari akan kesulitan meraih setiap sudut layar. Idealnya, Anda harus memegangnya dengan dua tangan jika ingin mengetik di keypad virtual dengan nyaman.

Layar Z30 menampilkan kontras dan warna yang cukup baik, lantaran layar ini memakai jenis Super AMOLED dengan resolusi 1.280 x 720 pixel dan kerapatan 294 pixel per inci (ppi). Namun, kerapatanpixel ini masih kalah jika dibandingkan iPhone 5S sebesar 326 ppi, dan Samsung Galaxy S4 dengan 441 ppi.
Dari sisi komponen hardware, Z30 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon S4 kecepatan 1,7GHz jenis dual-core dan RAM 2GB. Ini merupakan ponsel dengan spesifikasi hardware tertinggi yang pernah dibuat BlackBerry.

Sejauh pengalaman menjajal ponsel ini selama beberapa menit, performanya cukup gegas untuk sekedar membuka aplikasi, browsing internet, dan beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain.
Sistem operasi BlackBerry 10.2 berjalan di perangkat Z30. Kami sempat menemukan beberapa fitur baru, antara lain Priority Hub dan notifikasi untuk menanggapi pesan BBM saat pengguna sedang membuka aplikasi lain.


Sumber
Music Blogs